Rabu, 11 Januari 2012

ASAL ANDA TAHU


Boneka
Boneka dianggap mainan anak yang paling tua, namun fungsi dari boneka dulu lebih bersifat keagamaan. Boneka paling tua ditemukan di Eropa yang mencapai usia 40.000 tahun itu peninggalan dari budaya Aurignacian. Boneka Venus willendorf yang ditemukan dekat sungai Donan, Austria serta boneka yang juga ditemukan di penggalian Mohenjo-Daro, Pakistan menunjukkan bahwa boneka tersebut sebagai lambang kesuburan karena kebanyakan boneka yang ditemukan adalah boneka perempuan dengan dada dan panggul yang besar.
Boneka juga dipakai sebagai pengganti korban, sebagai contoh pada zaman kebudayaan mesir kuno, China, dan Kerajaan Babilonia
Di Abad XX, boneka yang terkenal antara lain boneka Kewpie (1903), By-lo-Baby, yang bisa memejamkan mata saat tidur (1922), Boneka Dydee dan Westy Betsy (1937) dan yang paling terkenal adalah booneka Barbie (1959).
Barbie berasal dari nama Barbie Handler putri pembuat mainan anak-anak yang bernama Ruth Handler, bersama suaminya,Elliot, seorang designer rumah boneka mendirikan Mattel Toy Company di AS 1945. Kesukaan putrinya memainkan boneka kertas model anak-anak remaja dengan model baju bajunya yang modis, mendorong ia menciptakan boneka remaja yang lengkap dengan perlengkapan pakaian yang modis, mereka juga membuat boneka anak laki-laki remaja bernama Ken, seperti adik Barbie.
Dunia boneka sekarang semakin di ramaikan dengan boneka-boneka orang terkenal, seperti boneka lilin dari Madame Tassaud. Serta ada boneka yang semakin pintar, ada yang bisa menangis, ngompol, makan, bersendawa, mengucapkan selamat pagi atau menyapa para pengunjung di Pasar Swalayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar