Kamis, 12 Januari 2012

ASAL ANDA TAHU


Cokelat

Dalam perjalanannya ke Hindia Barat dan Amerika Selatan, Colombus mengumpulkan buah-buahan dan umbi-umbian yang tidak dikenalnya, benda-benda itu dia bawa pulang ke Spanyol.Tahun 1494 ia membawa banyak biji buah cokelat.
Namun kira-kira seperempat abad kemudian minuman cokelat dikenal di Spanyol berkat Hernan Cortes yang adalah seorang petualang dari Spanyol yang di utus oleh Gubernur Kuba ke Meksiko pada tahun 1518.
Ia membawa senjata dan pasukan berkuda, mereka bertemu dengan Suku Indian Aztek, yang konon aja Aztek yaitu Montezuma gemar sekali meminum 50 mangkuk cokelat dalam sehari. Orang Aztek menyebut cokelat<xocoatl>. Karena begitu berharganya cokelat, sampai biji-bijinya dipakai sbagai alat pembayaran oleh penduduk setempat waktu itu.
Menurut Suku Aztek, tanaman cokelat adalah hadiah dari Dewa Quetzalcoatl, minuman itu dianggap berkhasiat menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Konon Quetzalcoatl di usir dari Khayangan karena memberikan benda-benda milik dewa kepada manusia.
Ketika Henan Cortes datang ke Meksiko, Suku Aztek mengira ia adalah Quetzalcoatl, karena dewa pernah berjanji akan kembali lagi, jadi Corets dielu-elukan pada waktu itu. Petualang Spanyol yang kejam itu memanfaatkan kesalah pahaman ini, kemudian ia menghancurkan ibu kota meksiko, menangkap Montezuma dan menjadikan para bangsawan maupun rakyat Aztek sebagai budak.
Orang Spanyol mengangkut biji-biji cokelat kenegeri merka untuk dijadikan minuman yang mahal harganya.
Pertama kali  disuguhi minuman cokelat di istana Montezuma, Cortes hampir tidak sanggup meminumnya, minuman itu harum aromany, tetapi rasanya pahit dan pedas, karena biji cokelat yang sudah diolah dan dihaluskan itu bukan saja dicampuri tepung jagung dan air tetapi juga dicampur dengan cabai.
Di Spanyol minuman cokelat dicampur dengan kayu manis, gula, dan vanila, sehingga selain aromanya yang harum rasanya pun juga manis, namun pada masa itu untuk minuman cokelat belum berupa bubuk tetapi berbentuk lempengan-lempengan. Seabad lamanya orang Spanyol merahasiakan resep minuman cokelat dari bangsa-bangsa lain, namun rahasia mereka akhirnya bocor juga ke Prancis, Inggris, Belanda dan kota-kota besar di Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar