Minggu, 01 Januari 2012

TOKEK YANG DICARI PARA BUYER


Pada umumnya tokek yang dicari para buyer atau pembeli hanya memiliki kriteria yang sangat sederhana mulai dari warna kulit, sorot mata, ukuran panjang, besar atau lebar kepala, berat minimal yang ditentukan.
Seperti keterangan berikut.

Warna Kulit : Carilah Tokek yang berwarna dasar putih dan berbintik merah serta ada bercak kuning pada bagian bawah tubuh, sebaliknya jangan memilih tokek yang berwana gelap karena bisa saja ada luka atau cacat yang tidak tampak saat kulit masih mengalami siklus adaptasi, dengan warna gelap dan saat adaptasi dengan warna dasar atau naturalnya maka tampak cacat atau manipulasi dari mafia tokek, hindari juga membeli tokek yang masih sedang kondisi ganti kulit atau berdiam diri berhari-hari sebab kecenderungan untuk mati sangat besar.

Sorot Mata : Dari sorot matanya kita dapat melihat tokek itu sehatatau tidak, bila tokek dengan sorot mata redup dan agak masuk ke dalam itu pertanda tokek lemah dan tidak lama akan meti. Mata menonjol dan sorotan tajam merupakan ciri tokek itu alami dan tokek baik serta akan berhasil bila dibesarkan.

Ukuran Panjang : Panjang tokek seringkali menjadi masalah ketika berat tokek sudah memenuhi syarat, ukuran panjang minimal tokek 25 cm, standar 30 cm dan yang istimewa 33 cm, panjang di ukur dari kepala sampai denagn ekor, bila tokek tidak memenuhi syarat panjang yang di harapkan ketika sudah mencapai berat tertentu, sehingga di sebut tokek boxer.

Besar Atau Lebar Kepala : Kepala yang menjadi ukuran besar, bukan perut, karena perut bisa mengecil dan bisa membesar tetapi kepala tidak dapat mengecil lagi. Kepala tokek lebih mendekati kebenaran bila dipakai untuk mengetahui usia atau umur tokek. Semakin besar kepala tokek membuktikan tokek berusia lebih banyak dari yang kepala lebih kecil, setelah pengukuran kepala agar bisa tahu bahwa tokek ini benar-benar sudah berusia tua.

Berat Minimal : Harus ada titik minimal untuk berat tokek, yaitu 150 gram, karena pada titik berat seperti ini tokek sudah dewasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar