Selasa, 03 Januari 2012

MEMBUAT KANDANG SEDERHANA


Sebelum membuat kandang hal yang perlu di perhatikan adalah untuk apa anda menempatkan tokek di dalam kandang tersebut, Sebab setiap kandang yang akan dibuat tentu akan di sesuaikan dengan maksud dan tujuan anda atas reptil tokek tersebut. Bila anda ingin memelihara tokek sekedar hobi maka akan beda pula kandangnya, bila anda ingin beternak atau ingin mengembang biakan tokek tersebut, terlebih lagi bila anda mau membudidayakan agar tokek memiliki berat tertentu atau penggemukan.
Jadi, minimal ada 3 macam kandang, yaitu kandang tokek untuk hobi, kandang tokek untuk beternak berkembang biak, kandang tokek untuk pembesaran atau penggemukan.

Kandang Untuk Hobi
Bila untuk kesenangan atau hobi, lazimnya dipakai kandang yang bisa membuat kita melihat tokek tersebut dan tokek juga meras nyaman dan tidak teerganggu oleh kehadiran orang yang menontonnya, kandang untuk pehobi tokek tentu juga di dalamnya terdapat sarana yang akan membuat tokek merasa nyaman namun tetap kegiatannya dapat dilihat atau dinikmati oleh pemiliknya. Di dalam kandang bisa berisi bumbu atau kaleng atau kotak dan berbagai aksesori lainnya, ukuran kandang relative dan bisa berapa saja sesuai selera dan ruang yang ada.

Kandang Untuk Beternak
Kandang untuk beternak pasti di buat sebanyak mungkin, karena nantinya hanya akan berisi 2 ekor, yaitu tokek betina dan jantan, kandang bisa langsung dibuat besar lalu di petak-petak lagi sehingga bisa menampung sampai begitu banyak pasangan tokek. Di dalam kandang bisa di beri bambu atau kardus bekas telur ayam. Di tiap kandang di beri sedikit cahaya yang bisa masuk  dapat berupa kawat kasa. Untuk ukuran tentu saja bisa di sesuaikan bisa tiap pasangan menempati ukuran 0,5 meter persegi atau lebih kecil.

Kandang Untuk Pembesaran

Dari ketiga macam kandang tokek, kandang yang ketiga inilah yang paling sulit dan butuh kecermatan bagi pehobi binatang reptil yang satu ini, karena jika dalam pembuatan kandang tidak pas maka harapan untuk dapat membesarkan tokek tidak akan tercapai jangankan gemuk, kematianpun dapat terjadi. Hal yang sering di lupakan oleh para pemelihara tokek adalah mereka lupa kalau tokek itu hewan yang dapat beradaptasi, jadi kalau kandang tidak di set dengan sedemikian rupa untuk pembesaran, tokek tidak dapat di gemukkan.
Sebelum membuat kandang untuk pembearan yang perlu di renungkan adalah jika hewan ini adalah salah satu reptil yang sangat pandai untuk beradaptasi, untuk itu pembuatan kandang juga harus berupa papan adaptasi. Tokek tidak di biarkan semaunya namun akan kita posisikan agar berrada di tempat yang horisontal, lalu dibuat agar terangsang untuk merangkul lebar papan adaptasi tersebut 17 cm, panjangnya 40 cm, tebal papan 1 cm.
Bahan kandang berupa kawat ram yang berukuran 1 cm, karena jika memakai ukuran 2 cm keinginan tokek untuk keluar sangat besar namum jika memakai ram berukuran 0,5 tokek sangat gemar sekali merayap, dengan menyiapkan kandang yang pas untuk pembesaran seprti ini pemelihara tokek tidak perlu memegang tokek setiap kali ingin menimbangnya, penempatan kanadang juga perlu di perhatiakan, tidak boleh bersusun, panjang kandang 50 cm, lebar kandang 50 cm, dan tinggi untuk kandang 50 cm.
Sangat baik bila kandang dihadapkan ke arah timur dengan adanya jendela, sehingga sinar matahari pagi dapat masuk namun ketika sore hari tokek tidak kepanasan, usahan ruangan kosong, bila tempat yang akan di pakai bekas gudang maka bisa di usahakan agar disusun yang rapi dan di tutupi dengan kain berwarna cerah, usahakan memelihara tokek jangan di emperan rumah karena memiliki resiko tinggi dapat hilang. Perlengkapan dalam kandang tokek juga harus di perhatikan yaitu tempat untuk menaruh makanannya dan untuk air minum, usahakan kedua bahan tersebut tidak berwarna, harus transparan, kebersihan kandang tokek juga butuh di cermati, mengantisipasinya dengan cara menempatkan kertas koran di bawah kandang, dan cukup di ganti 2x seminggu kandang juga boleh di semprot air agar tetap lembab namun tidak sesering kita menyiram tanaman, sebulan cukup 2x saja.

Bahan Kandang : Kawat Ram ukuran 1 cm
              : Papan Adaptaasi dari kayu randu
              : Tempat makan dan minum dari plastik
              : Tali kawat
              : Tang   
              : Plastik pengikat
              : Kartu penuju target

Tidak ada komentar:

Posting Komentar