Minggu, 15 Januari 2012

BEREKSPERIMENLAH DENGAN TOKEK ANDA 2


Kembali lagi dengan pengalaman saya dengan semua tentang tokek, kali ini saya akan berbagi dengan anda bagaimana saya berinteraksi dengan reptil yang dikabarkan bernilai sampai ratusan juta rupiah ini, tiga bulan lalu saya diberi oleh teman saya bayi tokek yang masih seukuran jari kelingking orang dewasa, dan ketika saya terima bayi tokek ini sangat gampang sekali menyesuaikan diri dengan tempat yang baru, dari situ saya mulai bertanya-tanya mengapa bayi tokek dapat sekali beradaptasi dengan lingkungan yang baru daripada tokek dewasa, saya mulai mempelajari tokek sejak dari kecil, saya memindahkan tempatnya empat sampai enam kali tokek kecil itu saya pindahkan langsung dengan menggunakan tangan telanjang tanpa pembungkus atau sarung tangan , tokek yang masih bayi ternyata tidak sesulit tokek dewasa untuk beradaptasi dengan lingkungan dimana tokek ditempatkan, terakhir kali tempat yang saya berikan bagi bayi tokek itu adalah dibalik lemari pakaian saya, dan mulai dari situ saya mulai merawat bayi tokek tersebut, dalam kurun waktu dua bulan ukuran anak tokek yang saya pelihara ini sudah seukuran ibu jari orang dewasa, ketika kali pertama saya memberi makan tokek yang masih bayi ini, saya memberikan jangkrik dewasa yang belum keluar sayapnya ternyata jika sejak bayi tokek di beri makan dengan ukuran yang medium sampai besar untuk ukuran jangkrik pada umumnya tokek akan terbiasa dengan hal itu sejak kecil, bayi tokek dapat memekan 3-5 jangkrik berukuran medium dan tanpa sayap tentunya, dalam kurun waktu sebulan porsi makannya dapat ditambah dari 4-6 tetapi jika bayi tokek tidak dapat menghabiskan buruannya , porsi makan bayi tokek akan kembali ke porsi semula atau dapat dikatakan tokek bosan dengan makanan sisa, jadi anda harus mengambil sisa makanan tokek yang masih hidup dan jangan di berikan kembali meski itu sudah dua atau tiga hari, jangka waktu makan tokek yang masih kecil juga relatif lebih lama jika anda memelihara tokek dewasa dua atau tiga hari anda dapat memberi makan tokek anda kembali dan pemberian anda langsung di sambut dengan centik oleh tokek anda. Tetapi tidak demikian dengan tokek yang masih bayi proses cerna yang dimiliki oleh tokek yang masih bayi relatif lama anda dapat memberikan makan 5-6 hari kemudian, jika anda memberinya makan pada hari senin maka jum'at atau hari sabtu anda baru dapat memberi makan tokek anda kembali jika tidak demikian tokek anda yang masih kecil akan beradaptasi dengan jangkrik yang ada di dalam kandang, dan akhirnya jangkrik itu tidak dimakan.
Sekarang genap tiga bulan saya memelihara tokek dari masih bayi tersebut, saya memindahkannya dalam kamar mandi di kantor saya, ketika saya browsing saya dapat informasi tokek bisa makan tikus putih berukuran medium saya penasaran, apakah tokek saya bisa juga memakan tikus berukuran medium, kemudian saya membeli tikus berukuran medium, saya berikan pada tokek saya dan saya dapati hasilnya nihil, tokek saya tidak mau memakannya tapi saya tetap tidak menyerah dengan hal itu saya cari lagi informasi yang serupa dapatkah tokek memakan hewan selain serangga, banyak informasi yang saya dapat tetapi saya belum mengeksperimennya dengan tokek saya, jadi saya akan lanjutkan eksperimen saya dan saya akan bagikan kepada anda, teruslah bereksperimen dengan tokek anda.silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa cantumkan nama blog anda atau alamat email anda supaya saya dapat bertamu juga di blog anda, trimakasih atas kunjungannya...

4 komentar:

  1. Tokek bayi bisa makan belatung honkong ga?? Thx

    BalasHapus
  2. Sya baru saja nemu tokek anakan seukuran jari kelingking. Tpi saya kasih makan serangga sama jangkrik ga mau makan. Gimana ini?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menyesuaikan sama lingkungan/kdg emg gitu punya saya aja hampir seminggu gk makan.tapi pas udh terbiasa pasti doyan makan,skrg tokek gw shari makan 10+ jangkrik

      Hapus