Selasa, 03 Januari 2012

BAGAIMANA MEMBUDIDAYAKANNYA


Salah satu keberhasilan dari budidaya tokek adalah dari faktor pemilihan bibit unggul dari tokek tersebut, tidak akan bisa keberhasilan budidaya dicapai bila dari pemilihan bibit saja sudah salah, dalam budidaya tokek pada dasarnya sama seperti budidaya hewan-hewan budidaya lainnya, harus ada bibit unggulnya terlebih dahulu. Yang perlu diperhatikan adalah pemangsa ular adalah salah satu dari pemangsa.
Membedakan tokek jantan dan tokek betina
Tokek jantan
Mempunyai femoralis pori-pori di bagian bawah paha
Memiliki pori-pori bertanda v-shaped preanal
Terlihat dua tonjolan di pangkal ekor mereka
Tokek Betina
Tidak mempunyai femoralis pori-pori di bagian bawah paha
Pori-pori di bagian pangkal ekor tidak bertanda v
Tidak memiliki 2 hemipenal tonjolan di pangkal ekor

1 komentar:

  1. saya memiliki tokek berjumlah 9 ekor, saya buatkan kandang dengan ukuran 60x60x110 cm.ke 9 tokek tsb saya taruh bersamaan didalam satu kandang kemudian saya masukun potongan bambu berukuran 40 cm, gunanya agar tokek-tokek tersebut dapat masuk kedalam potongan bambu. saya juga mebuat alas kandang dengan ram yang dibawahnya ada alas triplek untuk pembuangan kotoran tokek. apakah tindakan saya tersebut sudah benar ataukah ada saran yang lebih baik. terimakasih atas petujuknya. CATATAN ; ukuran berat/panjang tokek saya saat ini, BRT : 330-360 grm PNJG :35 cm apakah dengan ukuran ini sudah dpt di beli para buyer pencari tokek ? bila ada yang minat dpt menghubungi saya di no.085254707126-085254743799 atau Email :acim.moi@gmail.com

    BalasHapus